Thursday, February 26, 2009

Marlinspike Hall


Marlinspike Hall - Sejarah Maritim Keluarga Kapten Haddock

Marlinspike Hall yang dalam bahasa Perancis-Belgia disebut Le château de Moulinsart, adalah rumah kastil milik Kapten Haddock dalam serial petualangan Tintin karya Hergé.


Kastil ini digambarkan meniru bagian tengah Château de Cheverny (lihat foto). Nama Perancis ini berasal dari kata Sart-Moulin, sebuah desa dekat Braine-l'Alleud di Walloon Brabant, Belgia.

Marlinspike Hall memiliki arti - sebuah alat yang digunakan pelaut untuk mengikat tali tambang - merupakan kastil peninggalan keluarga Kapten Haddock yang memang dari keluarga pelaut sejak kakek moyangnya. Marlinspike Hall diperkenalkan pertama kali dalam episode Rahasia Kapal Unicorn, yang saat itu masih ditinggali oleh para penjahat, Bird Bersaudara. Pada episode Harta Karun Rackham Merah, kastil ini dibeli oleh Profesor Calculus mewakili Kapten Haddock, sedangkan harta karun dari cerita turun-temurun tersebut akhirnya ditemukan di ruang bawah tanah kastil ini.

Marlinspike menjadi tempat tinggal Tintin dan Kapten Haddock saat bersantai diantara petualangan-petualangan mereka. Walaupun begitu, dalam episode Zamrud Castafiore Marlinspike Hall justru menjadi tempat petualangan Tintin berikutnya, dimana semua kejadian hilangnya batu permata Bianca Castafiore ini berlangsung di kastil, halaman kastil dan daerah pedesaan sekitarnya.

Marlinspike Hall digambarkan sebagai sebuah tempat tinggal yang luas dan megah, dihiasi dengan berbagai karya seni, furnitur antik, dan sebuah galeri dari harta kekayaan keluarga Kapten Haddock. Pekarangannya terdiri atas taman luas yang ditumbuhi pohon-pohon besar, lapangan luas terbuka, dan sebuah taman penuh bunga mawar. Pekarangan ini dikelilingi oleh tembok tinggi dengan sedikitnya dua pintu gerbang dan sebuah bangunan kecil (yang digunakan oleh Profesor Calculus sebagai laboratorium dalam Penculikan Calculus).

Ukuran rumah dan pekarangan Marlinspike Hall kelihatannya membutuhkan banyak pembantu rumah tangga dan tukang kebun, tetapi hanya seorang pelayan setia, Nestor yang selalu terlihat.


0 comments:

Post a Comment

Followers

Archive

 

ADVENTURE OF TINTIN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com