Monday, February 23, 2009

Biografi Singkat Herge


Biografi Singkat Herge

Herge memiliki nama lengkap Georges Prosper Remi, lahir di Etterbeek, Brussels negara Belgia tahun 1907. Di dalam karyanya ia selalu memberikan inisial namanya yaitu RG, dan di dalam bahasa Perancis, inisial RG ini dibaca Herge, inilah asal mula ia memiliki nama panggilan Herge. Setelah menyelesaikan sekolah di tahun 1925, Herge mulai bekerja di sebuah koran bernama "Le XXe Siecle". Kemudian di tahun 1928 ia mendapat kesempatan untuk mengisi rubrik anak-anak yang menjadi suplemen dari koran tersebut. Rubrik anak-anak ini bernama Le Petit Vingtieme dan terbit mingguan. Namun ilustrasi awal ini masih dibuat berdasarkan permintaan penulis dan hasilnya tidak terlalu disenangi oleh publik.

Baru kemudian atas dorongan pimpinannya, ia mulai memberanikan diri membuat karya comic strip yang didasarkan pada pemikirannya sendiri dan menerapkan style komik Amerika yang menggunakan speech balloon sebagai bidang untuk mengisi kata-kata. Dari sinilah muncul karakter yang bernama Tintin, seorang reporter dan petualang muda yang selalu ditemani seekor anjing setia berjenis Fox Terrier, bernama Snowy. Komik strip Tintin ini berjudul Tintin in The Land of The Soviets, dan mulai muncul di halaman Le Petit Vingtieme tanggal 10 Januari 1929 sampai 8 Mei 1930.

Berdasarkan pengakuan Herge sendiri, sebenarnya karakter Tintin ini terinspirasi dari saudaranya sendiri yang bernama Paul Remi, seorang officer di ketentaraan Belgia. Setelah komik Tintin pertamanya ini kemudian di bulan Juni 1930 dilanjutkan lagi dengan seri keduanya, yaitu Tintin in The Congo, Tintin in America dan seterusnya hingga 24 judul.

Semua judul dari The Adventures of Tintin yang telah diterbitkan bisa dilihat di Tintin Collections

0 comments:

Post a Comment

Followers

Archive

 

ADVENTURE OF TINTIN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com